Rabu, 18 Maret 2020


Ketika Perempuan Punya Pendidikan, Dunia Berada di Genggamannya
oleh : Desi Isra Maya Sari Hasibuan

     Lemah, baperan, manja, cengeng dan banyak lagi kata-kata yang sering dilepemparan kepada para kaum perempuan. Apakah kita sebagai kaum perempuam menerima begitu saja?. Pasrah dengan keadaan?. Hello guys,,,gak zamannya sekarang kalau perempuan cuman dianggap makhluk yang lemah terus, dianggap manja dan cengeng. Zaman terus berganti, perubahan-perubahan terus diperbaiki. Sekarang itu, saatnya para perempuan harus kuat, berani, cerdas, dan bisa mengampil peran dikehidupan.
  Kita bisa lihat pada masa sekarang, banyak para perempuan mendapatkan penghargaan- penghargaan  baik di bidang budaya, kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan bidang lainnya. Hal itu dikarenakan, perempuan sudah diberikan kebebasan pergerakan, kebebasan berpendapat dan berprestasi tanpa adanya batasan jenis kelamin, batasan sosial, pangkat dan lain sebagainya. Untuk mencapai titik tersebut tentunya kita sebagai perempuan harus banyak belajar, mencari tahu, menambah wawasan kita seputan perkembangan yg terjadi di dalam dan luar negeri. Karena dengan belajar seorang perempuan akan terangkat derajatnya.
      Pendidikan itu kunci dari kuatnya atau berfungsinya peranan perempuan. Kita bisa lihat juru bicara kepresidenan bidang sosial yaitu Mba Angkie Yudistia. Beliau tidak mungkin dipilih oleh presiden Bapak Jokowi sebagai juru bicara jikalau pendidikan, wawasan dan pengetahuan yang melatarbelakanginya tidak ada. 
Mba Najwa Sihab, yang dapat memandu sebua acara Televisi besar yang mewawancarai para politikus, para pejabat negara, tokoh ternama. Hal itu tak mungkin terjadi jika pendidikan dan pengetahuannya tidak ada. Belum lagi tokoh-tokoh wanita lainnya.
     Dari beberapa tokoh perempuan tersebut bisa kita ambil pelajaran, bahwa kita para perempuan bisa menepis, bisa membalikkan kata-kata cengeng, manja, baperan, lemah, bodoh menjadi kata-kata kuat, berani, cerdas, terdepan dengan belajar, belajar, dan belajar. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk belajar, dari informasi media eletronik ataupun media biasa yang pastinya sumber ilmu pengetahuan nya aktual dan percaya. Pendidikan memang harus dijadikan prioritas dalam hidup. Bahkan pendidikan itu harus sudah ditanamkan sejak usiah dini. Apalagi buat perempuan, pendidikan itu kunci keseimbangan dari peranan perempuan. Perempuan adalah peran utama dalam kemajuan peradaban. Jika ingin menghasilkan generasi yang cerdas, tangguh maka yang diawal diperbaiki adalah pendidikan perempuan. Ada beberapa pendidikan yang wajib dimiliki perempuan :
1. Pendidikan Moral
   Moral itu adalah prilaku, atitude , tetika kita dalam segala hal. Pendidikan moral yang baik dan benar akan menghasilkan perempuan yang beretika, bermutu, dan berkwalitas.
2. Pendidikan Mental
   Mental selalu menjadi hal yang sulit untuk dibentuk. Tak terkecuali mental perempuan. Perempuan harus memiliki mental baja. Tapi bukan berarti mental yang kuat membuat seorang perempuan menjadi angkuh. Tapi mental baja yang kuat membuat perempuan tidak mudah menyerah, down, putus asa. 
3. Pendidikan Pengetahuan
   Perembuan juga harus cerdas. Bukan hanya cantik luar dan dalam dirinya, perempuan juga harus mempunya isi didalam otaknya. Perempuan harus pintar, cerdas, pandai. Karena dia kan menjadi pembicara, penyampai banyak hal. Jika dia tidak paham dengan apa yg akan dia sampaikan, maka orang-orang yang mendengarnya pun akan salah pengertian dan sala menerima informasi.
    Pesan saya buat para perempuan dimanapun berada terkhusus kepada saudara perempuanku di Indonesia, teruslah belajar, mencarai informasi pengetahuan yang akan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Ingat sekarang tidak adalagi pembatasan pendidikan sepertu sebelumnya. Sekarang kebebasan itu sudah ada pada kita, sudah berpihak kepada kita. Untuk itu mari beri perubahan , beri pergerakan, majukan negeri dengan kemampuan kita para perempuan. Kami bisa, Kami bisa, Kami Perempuan Hebat Indonesia!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar